LATEST ARTICLES


Banyak pertanyaan yang muncul ketika menggunakan suatu alat yang baru kita kenal. Hal itu berlaku pula bagi Anda yang baru atau akan menggunakan kipas angin AC. Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah apakah penggunaan kipas angin AC pada ruangan berdebu membahayakan?

Bahaya Menggunakan Kipas Angin AC Pada Ruangan Tertutup Dan Berdebu
Kipas angin AC hakikatnya memang bekerja seperti kipas angin biasa. Alat ini menyedot udara yang ada pada ruangan kemudian menghembuskannya kembali. Perbedaannya, ada suatu proses yang digunakan oleh kipas angin AC sehingga udara yang dihembuskan terasa sejuk yaitu evaporatif. 

Nah, mengingat cara kerjanya yang seperti itu maka akan muncul beberapa dampak buruk apabila kita menggunakannya pada ruangan yang berdebu serta tidak memiliki sirkulasi udara yang baik. Berikut resiko yang bisa muncul:
Kipas Angin AC
1. Menyebabkan gangguan pernafasan
Kipas angin AC dapat membuat ruangan menjadi lebih sejuk. Namun, jika kita menggunakan kipas angin AC pada ruangan tertutup maka debu yang ada akan beterbangan. Semakin lama digunakan pada ruangan yang berdebu maka udara akan terasa semakin lembab dan pengap, hal ini tentu akan membuat Anda mengalami gangguan pernafasan.

Selain itu, gangguan pernafasan akan berpeluang sangat besar terjadi jika menggunakan kipas angin AC di ruangan tertutup dikarenakan kadar oksigen pada ruangan tidak dapat tergantikan. Hal tersebut terjadi karena tidak adanya pertukaran udara.

2. Mengurangi Daya Tahan Tubuh
Kipas angin AC berbahan bakar air. Hal itu membuat udara akan terasa sangat lembab apabila digunakan pada ruangan tertutup. Ruangan yang lembab tentu akan membuat perkembangbiakan bakteri semakin cepat. Debu dan bakteri yang terbawa oleh udara yang berhembus tentu akan semakin cepat menyebar.

Debu dan bakteri yang menyebar dan terhirup oleh kita tentu akan membahayakan bagi kesehatan tubuh. Hal ini tentu akan mengurangi daya tahan tubuh kita akan penyakit. Tubuh kita akan gampang terkena alergi, demam, flu atau penyakit lainnya. 

Cara Untuk Mengatasi Permasalahan Penggunaan Kipas Angin AC
Nah, dengan adanya bebera resiko tersebut di atas, perlu cara agar penggunaan kipas angin pada ruangan berdebu tidak terlalu berbahaya. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

1. Perhatikan Sirkulasi Udara
Ruangan berdebu biasanya dikarenakan ruangan tersebut jarang dibersihkan atau tidak terdapat sirkulasi udara yang baik ditempat tersebut atau bahkan tertutup. Oleh karena itu, jika kita akan menggunakan kipas angin AC maka simpanlah pada ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang bagus.

Paling tidak, jika memang kita memaksakan ingin menggunakan pada ruangan tertutup jangan gunakan kipas angin AC lebih dari 3 sampai 4 jam. 

2. Ikuti Tips membuat ruangan Anda bebas Debu 
Untuk mengatasi kamar atau ruangan yang berdebu, dr. Suci Dwi Putri pada website klikdokter mengutarakan bahwa Anda bisa melakukan beberapa tips berikut:
  • Cuci sarung bantal dan seprai setidaknya seminggu sekali. Pastikan tungau debu tidak tersangkut pada sarung bantal atau seprai dengan cara mencucinya menggunakan air hangat.
  • Usahakan ruangan/kamar tidur Anda tidak memiliki banyak detail ukiran, tumpukan barang, dan furnitur. Hal itu dikarenakan dapat membuat ruangan atay kamar Anda menjadi lebih banyak permukaan berdebu. 
  • Selain dengan kemoceng, bersihkan ruangan Anda dengan menggunakan kain serat mikro yang bersih dan lembab. 
  • Pastikan kamar Anda selalu bersih. Sapu lantai tiap hari dan jangan lupa membersihkan karpet secara berkala. Jangan lupa pula untuk menyingkirkan pakaian kotor yang menggantung di kamar. Simpan pakaian kotor pada keranjang atau tempat sejenisnya.
  • Gunakanlah material yang berbahan kayu atau plastik untuk menggantikan sofa. Hal ini dikarenakan tungau dan debu sangat menyukai berada pada tempat seperti sofa.
  • Jauhkan kamar/ruangan dari sepatu, hewan peliharaan dan berbagai mainannya. Hal ini untuk menghindari kotoran dalam rumah Anda.
3. Gunakan Air Purifier
Alat ini dapat digunakan untuk melengkapi peran kipas angin AC jika ruangannya berdebu. Hal ini dikarenakan alat yang disebut dengan air cleaner ini dapat digunakan untuk membasmi kontaminan dari udara seperti debu, spora dan pollen. Penyejuk udara yang satu ini juga bisa mengatasi masalah alergi bagi Anda yang memang mengalaminya.

4. Gunakan Kipas Angin AC yang multifungsi
Jika memang Anda belum membeli kipas angin AC atau air purifier, dan memang keadaan ruangan Anda berdebu, maka membeli kipas angin AC yang multifungsi adalah solusi yang tepat. Kipas angin AC yang modern kini ada yang multifungsi. Hal ini membuat kipas angin AC dapat berperan sebagai penyejuk ruangan, air purifier dan air humidifier.

5. Selalu bersihkan Kipas Angin AC
Nah, langkah yang satu ini penting sekali Anda lakukan jika menggunakan kipas angin AC pada ruangan yang berdebu. Kipas angin AC biasanya memiliki filter untuk menyaring udara yang berdebu. Namun, jika digunakan secara terus menerus debu akan menempel pada bagian filter. Hal ini tentu akan membahayakan jika tidak kita bersihkan.

Sebaiknya bersihkan kipas angin AC Anda lebih rutin daripada biasanya ketika Anda menggunakannya pada ruangan yang berdebu. Bersihkan bagian filter, pompa, kipas, ventilasi depan, dan tangki air. Hal ini agar Anda dapat terhindar dari bakteri karena banyaknya debu yang menempel pada kipas angin AC. 

Kesimpulannya, menggunakan kipas angin AC pada ruangan yang berdebu akan aman asalkan Anda bisa melakukan beberapa tips yang kami bagikan di atas. Semoga artikel ini dapat menjawab pertanyaan Anda dalam menggunakan kipas angin AC.

bm

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Posting Komentar