LATEST ARTICLES


Berbicara mengenai masalah Kutu Beras untuk Anda yang pernah menemukan pastinya akan jengkel. Bagaimana tidak beras yang kita mau kita makan ternyata ada kutu berasnya, tentu saja ini membuat kita merasa jijik. Namun beras yang Anda miliki tersebut sebaiknya jangan terburu-buru di buang, karena itu semua sebenarnya bisa diatasi.

Sebelum kita beranjak untuj cara menghilangkan kutu beras, yuk kita lihat dulu efek dari adanya kutu beras yang ada di beras tersebut:

1. Kualitas rasa menjadi berubah
Beras yang terkena hama kutu beras tersebut terlebih dengan waktu yang lama sampai berbulan bulan ini bisa mempengaruhi rasa dari beras itu sendiri. Nasi yang biasanya pulen ketika terkena hama tersebut juga akan menjadi lebih terasa tawar dengan memiliki struktur yang kurang bersih. Kondisi tersebut tentunya dapat menjadikan selera dan nafsu makan seseorang menjadi berkurang.

2. Nutrisi berkurang
Jika kutu beras tersebut sudah tinggal serta melakukan reproduksi ke dalam satu stok beras dengan waktu yang cukup lama, maka ini bisa menyebabkan nutrisi yang terdapat di beras tersebut menjadi berkurang. Hasil metabolisme dari kutu beras tersebuut tentunya akan bercampur dengan beras, serta ini berdampak kurang baik untuk nutrisi yang terkandung berada di dalam beras. Maka dari itu, perlu segera untuk ditangani.

3. Menyebabkan alergi
Untuk sebagian orang khususnyaa yaitu untuk anak-anak, kutu beras yang masih tertinggal berada di dalam beras yang sudah dimasak menjadi nasi, sebenarnya ini tidaklah terlalu membahayakan untuk kesehatan. Akaan tetapi juga ada orang-orang yang tubuhnya memiliki reaksi menolak benda asing sehingga dapat memicu alergi, yaitu berupa gatal-gatal atau muntah.

Cara Menghilangkan Kutu Beras secara Alami dan Efektif

Bagi Anda yang kini ingin menghilangkan kutu beras tersebut maka bisa menggunakan media dari bahan yang alami. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk membasmi kutu beras tersebut.

1. Asam Keping

Ini merupakan sebagai salah satu bahan untuk mengusir dari kutu beras yaitu bisa menggunakan asam keping atau asam gelugur. Aroma asam keping tersebut tentunya  sangat tidak disukai oleh kutu beras. Caranya yaitu cukup sederhana, Anda bisa meletakkan beberapa keping asam keping/gelugur berada di dalam wadah beras. Dengan menggunakan cara ini, maka lama kelamaan kutu beras tersebut tidak akan merasa nyaman kemudian akan pergi dengan sendirinya.

2. Daun Salam Kering

manfaat daun salam memang banyak sekali, biasanya untuk daun salam kering sangat populer digunakan sebagai bahan untuk melezatkan masakan. Salah satu manfaat yang dimiliki oleh daun salam yaitu bisa digunakan untuk menghilangkan kutu beras. Kutu beras tersebut tentu saja tidak menyukai aroma daun salam yang kering ini, jadi dengan Anda menggunakan salam kering, maka kutu beras yang ada di dalam beras kita akan pergi begitu saja.

3. Bubuk Kopi

Selanjutnya ada bubuk kopi, sebenarnya cara menghilangkan kutu beras dengan menggunakan bubuk kopi ini juga cukup mudah. Akan tetapi tidak dengan cara menaburkan bubuk kopi langsung berada di atas beras. Nanti bisa jadi nasinya malah akan menjadi pahit. Dalam hal ini cara yang benar yaitu dengan kita memasukkan bubuk kopi ke dalam plastik, selanjutnya Anda lubangi dengan menggunakan beberapa bagian plastik serta Anda letakkan plastik yang berisi kopi ini berada di atas beras Anda. Aroma kopi yang sangat pekat serta menyengat tentu akan membuat koloni kutu beras kabur dan menyingkir dari stok beras yang Anda.

Itulah cara menghilangkan kutu beras secara alami dan efektif, semoga bisa bermanfaat untuk Anda semuanya.

bm

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Posting Komentar