LATEST ARTICLES


Sistem pencernaan merupakan salah satu sistem kerja tubuh yang perlu mendapatkan perhatian khusus. Sebab, sistem pencernaan sangat menentukan seberapa efektif penyerapan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Saat sistem pencernaan terganggu, maka Anda akan kesulitan untuk makan atau penyerapan nutrisi akan berjalan tidak optimal.

Salah satu penyakit pada sistem pencernaan yang perlu Anda waspadai adalah GERD. Penyakit menyerang sistem pencernaan melalui asam lambung yang berlebih. Sudah banyak website kesehatan yang mengulas seputar penyakit yang satu ini dan Artikel berikut akan mengulas seputar cara mencegah GERD agar tidak menyerang Anda.

Jangan Sampai Overweight
Agar tetap sehat, kita perlu menjaga betul bobot tubuh agar tetap berada dalam kondisi yang ideal. Sebab, bobot tubuh ideal bisa menghindarkan kita dari penyakit karena sistem kerja organ tubuh yang bekerja secara normal. Selain itu, punya berat badan yang ideal bisa meningkatkan kepercayaan diri kita terutama saat berhadapan dengan orang lain.

Menjaga bobot tubuh agar tidak overweight juga bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah GERD. Berat badan yang berlebih merupakan salah satu pemicu terjadinya GERD yang perlu Anda waspadai. Ini disebabkan karena berat badan yang overweight akan meningkatkan tekanan pada perut yang bisa melemahkan otot katup esofagus bagian bawah. Dengan demikian, jagalah berat badan Anda jangan sampai overweight untuk mencegah terjadinya GERD.

Jangan Makan Terlalu Banyak
Setiap orang tentu memiliki porsinya masing-masing saat makan. Ada orang yang kuat untuk melahap makanan dalam porsi besar dalam satu kali makan namun ada pula yang tidak bisa mengonsumsi banyak makanan. Nah, porsi makan yang biasa Anda konsumsi juga mempengaruhi potensi terjadinya GERD dan bisa Anda kontrol untuk mencegah terjadinya GERD.

Ketika Anda mengonsumsi makanan dalam porsi yang besar secara sekaligus, maka lambung akan bekerja lebih keras untuk mencerna makanan tersebut. Hal ini tentu berbeda jika dibandingkan dengan Anda yang mengonsumsi makanan dalam porsi lebih sedikit walau dilakukan secara berulang. Kinerja lambung yang terlalu keras akan melemahkan otot katup esofagus bawah dan bisa berujung pada terjadinya GERD.


bm

I am Blogger

Posting Komentar